Friday, April 18, 2008

Kaolin

Di pulau Belitung,ternyata tidak hanya terdapat pertambangan biji besi dan timah saja,yang aku lihat ketika berkunjung kesana,tapi ada juga pertambangan kaolin.

Waktu aku akan menuju lokasi pertambangan biji besi,aku melewati gundukan kaolin di pulau Belitung,menurut informasi pertambangan Kaolin yang aku foto itu di terlantarkan oleh pemilik/pengelolalnya,di karenakan si pemilik/pengelola tidak mampu untuk membayar angkutan/transportasi ke Jakarta,karna ongkosnya terlalu mahal.


Aku sempat bingung sebenernya waktu mereka bilang begitu,hanya aku tidak ingin mengganggu temanku yang lagi ngobrol dengan client nya,tentang bisnis mereka.


Aku bingung memang siapa yang punya pertambangan kaolin itu sebenernya,individu atau pemerintah,tapi aku hanya bertanya dalam hati saja,aku pikir nanti saja deh,aku akan tanya lagi tentang pertambangan kaolin yang terlantar itu,kalau temanku dan client sudah ada waktu,tapi akhirnya malah aku jadi lupa bertanya masalah itu,habisnya keasyikan ngobrol bahas soal lain sih.

Kaulin kalau tidak salah untuk membuat keramik ya,aku sendiri nggak begitu mengerti,aku kira tadinya itu adalah gundukan pasir putih ..hihihi...begitu aku tanyakan client temanku,baru aku tahu kalau itu gundukan kaulin yang terlantar/ditelantarkan.


Pulau Belitung menurutku indah,kalau melihat dari tepi laut sangat menarik dengan lingkungan yang masih hijau,tampak di latar belakang nya ada bukit,aku lupa nama bukitnya,yang aku ingat bahwa bukit itu kepunyaan Ahok mantan bupati belitung.Aku di ajak juga untuk melihat ke bukit itu,tapi hari sudah mulai sore,sedangkan aku besok paginya harus balik lagi ke Jakarta,karna aku dan temanku ke belitung tujuannya bukan untuk refresing,tapi ada surat-surat yang harus di tanda tangani oleh client temanku itu.


Kalau ada waktu,pengen sih aku kembali kesana dan melihat-lihat ke indahan pulau itu,baru satu hari aja aku nggak betah disana...hahaha..sepi banget deh,nggak kebayang kalau tinggal seminggu disana,tapi kalau tujuannya memang pengen meliput pulau itu,aku rasa menarik sekali,dengan lautnya yang sangat bersih dan tenang,dan banyak kekayaan alam Indonesia di pulau itu,hanya pemerintah tidak bisa mengelolanya saja,contonya pertanbangan kaolin yang terlantar itu,seandainya pemerintah bener-bener bisa mengelolanya,bukankah bisa mengasilkan uang.

No comments: