Friday, November 16, 2007

Sejarah Yayasan Sam Poo Kong.


Tulisan ini hanya mau berbagi cerita lagi tentang bagaimana berdiri nya sebuah Sejarah Perjalanan Yayasan Sam Poo Kong,biar jadi tambah lengkap cerita nya yang tidak sempat atau belum pernah mengunjungi nya jadi tahu cerita nya.

Sejarah Yayasan Sam Poo Kong ini aku kutip masih dari buku yang di hadiah kan teman ku.

Cerita nya begini:

Mula nya Oei Tiong Ham pada tahun 1937 membentuk Yayasan Sam Poo Kong dengan ketua Lie Ho Soem dan wakil ketua Oei Ing Poen,adalah sebagai yayasan keluarga ,yang anggotanya terdiri dari pegawai Kian Gwan,orang luar tidak boleh memasuki.


Baru kemudian pada tahun 1965,yayasan dipimpin olhe ketua baru yaitu Thio Siong Thouw,yang bukan pegawai Kian Gwan.Sejak itu yayasan dinyatakan terbuka untuk umum,artinya siapapun bisa menjadi ketua asal disetujui oleh sidang.Keadaan ini berlangsung sampai Thiong Siong Thouw meninggal pada bulan Februari 1981.Setelah itu oleh sidang panitia dipilih Ir.Priambudi.S sebagai ketua yayasan.


Tahun 1989 adalah masa-masa kritis,semua ijin yang telah dimiliki klenteng dicabut oleh Pemda yang pada masa itu dikuasai Orde Baru.Bahkan pintu gerbang utama dab beberapa bangunan yang telah berdiri dirobohkan dengan paksa dengan dalih pelaksanaan Kepres.

Setahun kemudian terjadi air bah,yang terjadi khusus di komplek Gedung Batu menewaskan 153 orang,tapi tidak satupun diketemukan meninggal di kompleks kelenteng.


Tahun 1995 lagi-lagi yayasan digunjang prahara.Ijin HGB yang sudah hampir habis masa berlakunya dinyatakan tidak akan di perpanjang dan dicabut,oleh oknum tertentu keadaan ini di manfaatkan untuk menyerobot tanah yayasan guna mendirikan ruko.Berkat ketekunan dan kegigihan para anggota yayasan akhir nya hak tersebut bisa dipertahankan dan tanah seluas 3,7 ha bisa sah menjadi milik yayasan dengan sertifikat Hak Milik.


Setelah terjadi reformasi dan tumbang nya Orde Baru,Yayasan Sam Poo Kong memperoleh kebebasan menjalankan misi pembangunan dan perluasan kelenteng.Tahun 2002,26 Februari diadakan perletakan batu pertama pembangunan kembali gua suci dengan upacara penanaman kepala kerbau.Semoga pembangunan yang telah dimulai dalam suasana baru ini bisa berlangsung lancar tanpa gangguan lagi.Sian Cai.

No comments: