Thursday, November 29, 2007

Pegadaian.

Aku lihat di TV ada seorang ibu dan anak nya loncat bunuh diri dari lantai atas sebuah pertokoan di Amsterdam,dari itu aku jadi inget kota Amsterdam dan besok nya aku jalan-jalan naik kereta menuju Amsterdam,kalau ke Amsterdams aku tidak harus selalu jalan-jalan di sekitar Damstraat,aku juga suka

jalan-jalan ke Pasar Albert Cuyp,karna disana ada cabe merah yang selalu aku perlukan,sekali beli cabe merah aku bisa 5 kilo lho kalau emang lagi murah,juga ada oyong,pare-pare,kangkung,kacang panjang,pete,biasa nya aku beli bumbu dapur suka juga pergi ke Zwarte Markt di Beverwijk,karna pergi nya naik kereta jadi buat ku lebih baik ke Amsterdam,kalau ke Beverwijk lebih baik aku naik mobil,kalau naik kereta aku malas ganti-ganti kereta lagi.


Sampai Station Amsterdam Central menuju pasar Albertcuyp aku bisa naik tram no16 atau 24 begitu aku keluar station ternyata ada no16 aku buru-buru aja jalan sambil jepret dulu bentar dan ternyata masih keburu naik...hehehe...supir tram nya ternyata orang Asia yang sangat ramah,gak tahu asalnya dari mana mungkin Vietnam atau China,susah dibedain sih pengen nanya tapi penumpang antri di belakang ku,kata nya sih kalau Vietnam mata nya rada besar sedikit dari orang China,aku dikasih tahu dari orang Vietnam itu sendiri,naiklah aku dengan membayar karcis dua strip €1.60,- berlaku untuk satu jam,jadi kalau belum melebihi satu jam aku masih bisa pakai itu karcis ke tujuan mana aja,pokok lama berlaku nya tergantung Zone nya deh,aku pernah iseng waktu jadul,waktu masih muda hihihi,udah lewat 2 jam juga aku gak beli karcis lagi pake itu aja naik nya dari pintubelakang...hahaha...nakal ya.

Nggak tahu aku suka banget suasana yang menegangkan kan,kaya tantangan gitu...hahaha...eits... tapi bukan aku aja lho,banyak juga orang yang begitu apa lagi kalau jarak nya dekat tinggal lompat masuk dari belakang,nah..kalau ada pemeriksaan wah gawat deh,dulu sih kalau gak salah 60 gulden denda nya,gak tahu sekarang berapa denda nya,kalau lagi ada pemeriksaan sekali masuk kedalam Tram bisa 6 sampai 8 orang dikepung deh...hehehe...kalau keburu cepat-cepat turun,tapi kalau nggak ya udah apes deh..hehehe...serukan,toh gak bakal di pukul ini paling cuman nulis kertas aja,kaya surat tilang..hehehe..


Sampai lah aku di Pasar Albert Cuyp model nya sama seperti di Indonesia dan tiap hari buka nya,banyak jual macam-macam dari Sayuran,Baju,Tas,pokok komplit deh sayur-sayur an dari Asia juga banyak dan bisa beli di pasar Albert Cuyps ini,ada tas-tas,sepatu,baju semua ada merk palsu,kadang-kadang tinggal pilih semua nya harga nya cuman € 5,-



Yang aku akan cerita kan di Pasar ini,ternyata ada Pegadaian,aku tahu di Belanda ada pegadaian dari teman ku sih,kebetulan waktu jadul aku perlu uang,biasa lah manusia hidup kalau lagi susah atau miskin...hahaha...pasti problem keuangan selalu ada kan,aku memang pernah gadai emas disitu waktu aku perlu uang untuk pindah rumah,saat itu aku perlu banyak uang untuk pindahan rumah,buat beli barang-barang rumah tangga etc deh,aku cerita sama teman ku tentang keadaan ekonomi ku saat itu,yang kebetulan dia seorang koki di restaraunt jepang Amsterdam dan ngasih tahu aku,kalau ada pegadaian.Aku kira dulu cuman ada di Indonesia aja,gak tahu nya di Belanda juga ada lho,kalau di Belanda kantor pegadaian nama nya”Stadsbank van Lening” ada nya di Amsterdam,menurut informasi sih katanya cuman ada di kota-kota besar gak tahu deh seperti Den Haag atau Rotterdam ada atau tidak.


Kantor Pegadaian di Belanda juga sama kaya di Indonesia,minjam uang dengan jaminan barang seperti Emas,barang electronic dll,kebanyakan sih mereka Gadai Emas dan lucu nya didalam sana,kebanyakan orang-orang luar negri klien nya,khusus nya orang kulit hitam mungkin mereka itu orang Antilian atau Suriname,gak ada orang kulit putih nya (Belanda) pokok kebanyakan orang luar negri dari berbagai negara,kalau masuk harus ambil nomer dan disana ada dua knop,knop kesatu tulisan nya seperti ini”mau pinjam” dan knop kedua tulisanya”mau mengambil atau perpanjang”maksud nya nebus barang atau datang hanya mau bayar bunga nya aja,barang nya belum bisa di tebus gitu,jadi kan tidak hilang barang yang di gadaikan,aku rasa sama juga kaya di Indonesia kali cara nya,jangka masa pinjam nya 6 bulan,ada sekitar 12 Kassa deh kalau gak salah,setiap kassa ada nomer nya,aku gak berani jepret ahg...hehehe...

soal nya aku lihat di dalam sana ada Video Camera nya nanti aku di tegor lagi dan di kira mau ngerampok...hahaha...jadi aku foto dari luar nya aja,itu juga sempit banget gak bisa ambil seluruh nya dari depan,karna di depan nya banyak kios-kios dagangan,akhir nya aku nyebrang juga sih berdiri didepan kios-kios dan jepret tulisan merah yang ada di atas gedung itu,yang aku gak bisa ambil keseluruhan nya,jadi aku pisah-pisah jepret nya untung aja di Belanda,aku ambil foto jeprat-jepret juga gak ada yang perhatiin atau usil nanya ini itu,gak kaya di Indonesia aku punya temen ada satu orang usil banget deh,kalau aku jepret apapun juga mulut nya pasti suka iseng nyeletuk,misalkan contoh nya gini waktu aku dijalan raya foto truk butut kan bagus menurut ku.. eeh..teman ku bilang gini:”Emang kagak ada truk ape di sono,pake di foto segala” atau waktu aku foto pintu masuk jalan Tol gini:”Segala Tol aje loe foto”...hahaha...sebel gak,risih kan denger nya,pengen jitak aja tuh anak deh!..hehehe...beda dengan orang Belanda cuek banget,apapun yang akan aku perbuat,di Indonesia semua perhatiin apapun yang aku perbuat,ngelirik lah,nengok lah,kalau di Belanda kadang aku mau ambil foto sesuatu,orang jalan berhenti dulu sambil tersenyum atau orang itu muter/minggir jalan nya,kasih aku kesempatan ambil foto,pokok gak ada yang usil titik!


No comments: