Sunday, December 2, 2007

Anak Adopsi.

Kali ini aku nulis tidak disertain foto ya demi menjaga orang yang akan aku ceritakan ini.Gini ya aku di ajak oleh teman ku ke pesta ulang tahun seorang anak kecil yang akan berulang tahun yang ke dua tahun,tadinya aku menolak tidak tertarik untuk ikut ke sana karna ulang tahun anak kecil malas banget deh yang ada pasti berisik ya...hehehe... tapi karna teman ku bercerita tentang kisah anak itu jadi aku berbalik tertarik untuk ikut pergi.


Cerita nya anak yang akan berulang tahun ini ternyata anak adopsian,anak itu di adopsi waktu berumur 9 bulan di ambil dari salah seorang ibu penjual pisang goreng,ibu penjual pisang goreng ini adalah seorang warga keturunan(aku jelaskan warga keturunan biar kokiers tahu bahwa tidak semua warga keturunan itu kaya)


Kenapa si anak ini kok bisa di adopsi oleh teman nya teman ku ini,cerita nya waktu teman ku lagi beli pisang goreng si ibu ini cerita kesusahan nya,anak nya tujuh dan gak mampu/berat untuk membiayai mereka semua,suami nya kerja serabutan jadi masalah ekonomi pun menghimpit keluarga itu,waktu si ibu penjual pisang goreng mengeluh dan ingin memberikan salah satu anak nya,kalau ada yang mau katanya si ibu ini minta tolong ke teman ku,kebetulan teman nya teman ku ada yang ingin mengadopsi anak karna teman nya teman ku ini sudah 11 tahun tidak dikaruniain anak.


Akhir nya teman ku memberi tahu teman nya kalau ada seorang ibu ingin memberikan anak nya dengan meminta uang imbalan(aku disini tidak menulis si ibu menjual anak karna menurut aku terlalu gimana gitu) teman nya teman ku ini ternyata tertarik tapi dengan catatan harus lihat anak nya dulu dan belum tentu mau mengadopsi nya.


Di bawalah cerita teman nya teman ku ini ke si ibu penjual pisang goreng itu dan ternyata temannya teman ku malah langsung jatuh cinta dan tertarik pada anak itu,yang lagi di gendong ibu nya sambil menggoreng pisang,akhir nya sepakat lah kalau anak itu akan di adopsi nya akan di bawa nya,waktu akan mengambil anak itu katanya ada rasa keharuan dan teman ku juga ikut nangis soal nya anak itu waktu dibawa dan waktu di gendong dipisahkan dari ibu nya tidak jerit-jeritan atau nangis sama sekali,seperti nya si anak itu mengerti keadaan dan suasana saat itu,si ibu meminta uang nya sih hanya 7 juta pada teman nya teman ku tapi akhir sama teman nya teman ku di beri 15 juta sebagai imbalan.


Anak itu sangat kurus sekali,bau pesing waktu di bawa katanya dan waktu di bawa ke dokter juga ternyata anak itu sangat kekurangan gizi,begitu lah obrolan ku di mobil dengan teman ku yang akhir nya terputus obrolan ku karna sudah sampai ditempat pesta ulang tahun anak itu,ternyata pesta nya tidak dirumah nya tapi disuatu tempat yang menurut aku cukup mewah untuk pesta seorang anak kecil berumur 2 tahun sudah kaya pesta pernikahan aja...hahaha...pake sebelum masuk nulis buku tamu segala dan didepan terpajang foto anak itu sangat besar,hanya waktu melihat foto itu kok aku jadi kesan nya pergi kerumah orang mati,sebaik nya kan menurut aku sih lebih baik foto keluarga ada ibu dan ayah nya bukan foto anak kecil itu sendirian....hehehe...habis mengisi buku tamu sambil jalan di hal teman ku disambut oleh teman nya dan disamping nya ada seorang anak kecil ikut menyambut dengan wajah nya yang lucu gembira dipesta ulang tahun nya dengan pakai keren yang tidak pernah anak itu rasa kan dulunya dan sudah tentu wangi dong,aku sejenak tertegun melihat anak itu,seorang anak yang tidak berdosa yang tidak mengerti hal sebener nya dan sangat bersyukur menemukan orang tua baru nya yang sangat menyayangi nya,kalau tidak sayang mana mungkin sih sampai mengadakan pesta seperti itu dan didalam sana juga makanan komplit mau makan apa aja ada di setiap sudut...ya...layak nya pesta nikah aja,makanan nya ditata dengan rapi dan sangat panjang sekali,pokok komplit deh mau makan apa,ada badut,dan hadiah-hadiah menarik untuk para tamu dan anak-anak dari si badut,rame deh nama nya juga pesta anak-anak.


Aku dengar cerita nya lagi ternyata nenek nya anak ini tinggal di Eropa lho,kok gak mau nolong kesusahan anak nya ya,sampe tega nya membiar kan anak nya memberikan cucu nya pada orang lain,padahal daripada nenek nya itu setiap tahun pulang-pergi Eropa-Indonesia lebih baik kan uang di kasih kan kepada anak nya,jadi anak nya tidak usah memberikan salah satu cucu nya pada orang lain,aku hanya bisa ngomong pada teman ku itu sambil ngomong sendiri dalam hati.Karna anak nya waktu dibawa masih kecil dan tidak ada akte kelahiran jadi anak nya langsung bikin akte lahir dan langsung di akui anak oleh teman nya teman ku itu,jadi tidak ada surat adopsi langsung bikin akte,di Indonesia tea kan apa pun bisa dengan mudah bikin surat-surat yang untuk di legalkan,tapi apa pun cara buat ku yang terpenting anak itu sekarang hidup bahagia dalam keluarga yang sangat menyayangi nya.

3 comments:

Unknown said...

Saya tadinya sdg mencari adopsi untuk anjing di google,tapi saya tidak sengaja melihat blog anda,dan membaca sampai habis. Kisah anak itu kurang lebih sangat mirip dengan kisah saya. Awalnya saya bingung pas waktu kecil banyak yang bilang saya anak pungut, sampai pada akhirnya saya tau sendiri bahwa saya memang anak adopsi. Baru saya sadar mengapa selama ini hampir semua orang menatap saya dgn tatapan aneh..ataupun sinis.. Begitu melihat saya dengan orangtua saya,karena tak ada kemiripan apapun. Saya cukup merasakan berat dan susahnya hidup di lingkungan keluarga keturunan (ke dua orang tuaku warga keturunan) jujur sejak sd sampai smu, saya tidak pernah merasa dihargai dan diakui dilingkungan saya ini.. Mereka selalu melihat saya aneh. Tapi secara singkat saya menjelaskan, bagi saya orangtua saya hanyalah orangtua saya yg selama ini membesarkan saya. Tidak ada yg dapat menggantikan mereka..

La Rose said...

Hallo Vonny...

Maaf nih baru buka Blogs jadul saya dan baru membaca pesan anda...terima kasih anda sudah berbagi disini.

Shinta Gendis said...

Halo..ceritanya sama dgn kisah temen saya yg mengangkat anak dr keluarga pemulung..hanya saja mereka kesusahan bikin akte karena bidan tidak berani mengeluarkan akte lahir dan kalaua da pun dipungut biaya jutaan.Kira2 bs tau brapa biaya bikin aktenya dan dimana ? terimakasih