Sunday, December 2, 2007

Saya bukan tante kamu.

Ik ben niet jou Tante...! artinya Saya bukan Tante kamu...!begitu lah kalau saya lagi ketempat Ulang tahun kenalan,pasti deh saya selalu kena protes atau semprot (maksudnya jawaban gak ramah) Begini ya saya itu kalau ketemu mevrouw-mevrouw(ibu-ibu) di pesta ultah tanpa sadar, saya selalu manggil mereka Tante,maksud saya sih untuk sekedar respect buat yang lebih tua,namanya juga mereka kan dari Indonesia,kalau saya panggil nama, nanti dikira kurang ajar atau kurang sopan,jadi buat saya serba salah deh kalau ketemu mevrouw-mevrouw ini...hehehe.Aku bikin kesalahan lagi nih, selama dua bulan ini aku dua kali ke pesta Ultah kenalan, berarti ngalamin dua kali denger jawaban yang tidak ramah itu.


Awal tahun di bulan Januari aku ke pesta ultah temen yang ke 50 tahun disini dibilang nya SARA kalau untuk perempuan,ABRAHAM buat laki-laki, biasa orang2 sini pasti merayakan nya,jauh-jauh hari sudah disiapkan untuk pesta special ini,ada yng sewa gedung dengan sewa Band juga,ada yang hanya dirumah saja,tergantung ekonomi masing2 deh,biasa sih kalau dirumah itu ada yang Ultah ke 50 thn, didepan rumah pasti suka ada boneka duduk atau berdiri,di dada boneka itu ditulis harap bunyikan klakson untuk si SARA atau si ABRAHAM tergantung siapa yng lagi Ultah di rumah itu yng ke 50 tahun.


Di pesta Ulang tahun itu sudah pasti banyak tamu,orang Belanda,Indonesia atau Indo blaster an.Naah…saya ngobrol sama seorang mevrouw Indo yng baru saya kenal,tanpa sadar lagi saya manggil Tante sama ini mevrouw...eeh...tuh mevrouw bilang gini “Nee....nee...nee.., Ik ben niet jou Tante,Ik heet Rosita”(Tidak...saya bukan tante kamu,nama saya Rosita)sambil jari telunjuk nya di goyang ke kiri kanan.Aduuh...dalam hati kena lagi deh gue...hehehe... bener lupa deh ama kebiasaan ini,itu Rosita umur nya 65 tahun lho lahir di Indonesia.


Dua minggu yang lalu aku ke pesta ulang tahun orang tua nya temen ku yang ke 90 tahun,biasa di pesta itu kumpul juga macem-macem tamu nya dan sudah pasti banyak orang Indonesia nya.Sambil makan aku ngobrol sama mevrouw yng duduk di sebelah ku,biasa lah basa-basi,tinggal dimana,udah berapa lama di Belanda,bla..bla..bla. tuh mevrouw nanya aku.


Lagi-lagi tanpa sadar aku manggil tuh mevrouw dengan panggilan Tante,sambil muka ku ke piring nggak lihat tuh mevrouw..eehh..biasa Zev kena lagi, kata tuh mevrouw” Ik heet Leni,je moet niet mij Tante noemen”(nama saya Leni,kamu jangan panggil saya Tante)hehehe...aku langsung nengok ke tuh mevrouw sambil bilang”Oh...hanya untuk respect” tuh mevrouw Leni jawab gini”Onzin” (omong kosong) Aduuuh...salah lagi ye gue,itu Leni umur nya 70 tahun lahir di Indonesia.Orang-orang tua disini kelihatan muda-muda lho jarang ada yng keriput,mungkin karna dingin ya jadi seger,kalau di Indonesia kan panas ya,mangkanya banyak yng kelihatan peyot kecuali Titik Puspa...hahaha.Begitu lah Zev,17 tahun di Belanda tetep aja kebiasaan itu tanpa sadar selalu meluncur dari mulut ku,memanggil orang Indo dengan panggilan Tante,tapi ada juga sih yng nggak protes dipanggil Tante diem aja,yng suka protes tuh aku perhatikan orang Indo yng sudah ke Belanda2an,jadi kalau nanti kamu ke Belanda jangan pernah panggil Tante deh, lebih baik panggil aja mevrouw lebih dulu atau kalau tahu nama itu orang lebih baik panggil nama.

No comments: