Sunday, December 2, 2007

Bahasaku...Ooh... Bahasaku.

Saya punya cerita nih, dulu waktu saya baru-baru dateng ke Belanda,saya tuh main ke Amsterdam ke rumah tante saya,sebener nya bukan tante beneran tapi sebut aja tante kenalan nya ibu saya. Saya kan nginep dirumah tante saya dan besok nya tante saya ngajak saya jalan-jalan lihat kota Amsterdam, kita berdua naik tram. Di dalam tram kita nih gak dapet tempat duduk jadi kita berdiri, di halte berikutnya banyak penumpang yang naik/turun tram di salah satu penumpang yng naik itu, ada orang bule Belanda gemuk gitu, pas tuh bule Belanda totok banget, mau lewat tante saya bilang gini kesaya ” Awas aya bagong “ (maksud nya si bule gemuk itu pake bahasa sunda) eeeehhh….masa tuh si bule begitu lewat kita bilang gini “Puunteuun bagong bade ngalangkung” (permisi bagong mau lewat) hahahaha…yng tadinya saya senyum2 pengen ketawa denger omongan tante saya eeeh..saya jadi melongo mata saya sampai gede tapi tetep aja nahan ketawa….hahahaha…Waaah….tante saya tuh muka nya merah, gak nyangka tuh bule bisa bahasa sunda kan, sambil tante saya bilang ke bule gemuk itu, kalau omongan nya gak maksud begitu…hahaha…tapi tuh si bule gak marah, malah jadi nya ngomong sunda sama tante.


Ternyata tuh si bule dulu nya bekas kniel dan pernah lama di jawa barat, mangkanya bisa bahasa sunda. Karna tram udah sampe ditempat tujuan kita turun di Dam, tuh si bule juga turun, akhir nya kita duduk2 dulu deh, koffie-koffie drinken, sambil tuh si bule cerita tentang jaman dulu, jaman kuda gigit besi kali yeee…hahaha.


Naaah, ada lagi nih cerita saya gini ya,saya kan lagi jalan-jalan di Groningen biasa deh shopping gitu pas di salah satu toko namanya tuh toko HEMA, saya lihat ibu-ibu sendirian lagi lihat2 barang, karna muka nya kaya orang Indonesia saya iseng nih negor dia, bener gak tuh ibu orang Indonesia, ternyata tuh ibu ngaku nya indo ( campuran belanda indonesia) kalau dilihat-lihat sih, kaya nya dia tuh campuran nya udah generasi ke tiga kali yeee (mungkin gak ½ lagi, tapi udah ¼ atau ¾ darah indo nya) ini sih tebakan saya soal nya termasuk coklat juga sih kulit nya. Terus saya tanya apa bisa ngomong Indonesia…? tuh si ibu bilang gak bisa sama sekali, udah lupa kantanya, soal nya gak pernah dipake tuh bahasa Indonesianya dari dulu dirumah….terus saya bilang kalau gak bisa ngomong bahasa indonesia, tapi ibu ngerti gak kalau saya ngomong Indonesia (kan banyak juga orang Indo ngerti tapi gak bisa ngomong) tuh ibu bilang gak ngerti juga…ooohh…oke deh…tot zien… saya berbalik mau keluar toko, tuh ibu mau naik ke atas…eeeehggg…..saya gak jadi keluar, denger suara keras banget, kaya orang latah pake bahasa Indonesia….gini…Nyebut-Nyebut…Mr “K” (sorry di sensor kurang sopan,artinya ngerti kan..?) kayanya tiga, empat kali deh tuh ibu teriak Nyebut2 Mr “K” pokoknya gimana sih, kalau orang latah…. ternyata tuh ibu kesandung waktu mau naik escalator…hahahaha…katanya lupa bahasa Indonesia, tapi Kata yang satu itu gak lupa, jadi inget lagunya.. Hari Mukti.. jaman baheula” Hanya satu kata”….. hahaha …..Dasar tuh si mevrouw gelo! dalam hati sebel, akhirnya kena kewalat tuh ….hahaha …saya mau tegor tuh mevrouw, tapi dia udah keburu naik escalator dan gak berani lihat kebawah, mungkin tahu kalau saya masih ada disitu…hahaha… geli..geli sebel deh.


Banyak lho,orang Indonesia atau orang Indo (campuran) yang melupakan moeder taal. Saya cerita orang-orang Indo atau orang Indonesia yang ada disekitar saya dan saya kenal kebanyakan tuh kaya gitu,mereka tidak mau mengajarkan anak-anak nya Bahasa Indonesia. Ntah itu anak mereka yang lahir disini atau anak-anak mereka yang bawa dari Indonesia karna kawin lagi sama warga Negara Belanda. Kecuali orang Indonesia dari Maluku anak-anak nya pasti bisa Bahasa Indonesia cuman dialek nya Ambon….waaah saya salut juga anak cucu mereka bisa,padahal udah generasi ke tiga.


Saya pernah dan sering bertanya ke pada mereka kenapa tidak mau mengajarkan Bahasa Indonesia…? Alsan nya, katanya si takut anak-anak nya Bahasa Belanda nya jelek ….aaahg.. omong kosong saya bilang ke mereka. Sedang kan di Indonesia sendiri banyak banget Bahasa Daerah dan saya sendiri juga waktu masih tinggal di Indonesia dari kecil sampai saya besar dirumah tuh saya ngomong Bahasa Sunda dengan nenek dan ibu saya, padahal saya tinggal dan besar di Jakarta. Terus saya tanya ke mereka” nanti kalau liburan ke Indonesia bagaimana komunikasi anak-anak kamu dengan saudara –saudara nya di Indonesia..?” (ponakan, tante, nenek, oom, anak2 yng seumuran dengan anak nya} temen saya jawab ”pake bahasa Inggris”….HAH! itu kan Bahasa asing ya ..? Terus saya tanya lagi “emang saudara-saudara mu bisa Bahasa Inggris…?” katanya “nggak”…naah lhoo…udeh deh saya malas ngomong lagi, malah ntar jadi saya panas hati, mendingan saya udahin aja dari pada bikin gondok. Kebetulan saya kan punya penyakit darah inggi…hahahaha….bisa-bisa maksudnya berdikusi ntar jadi berantem…semua orang hidup kan punya prinsip ya.


Naahh kalau soal prinsip saya juga punya, anak-anak dan cucu saya bahkan cicit saya nanti harus bisa Bahasa Indonesia. Saya dirumah dengan anak-anak ngomong Bahasa Indonesia kalau diluar rumah otomatis mereka pake Bahasa Belanda, ternyata di sekolah anak-anak saya pinter-pinter mereka sekarang di HBO malah anak saya yng ceweq udah jadi asisten accountan dan masih kerja sambil sekolah untuk jadi accountan,kalau anak saya yng cowok ambil multimedia(raclame dan televise) tahun depan anak saya stage di MTV Australia, padahal anak-anak saya waktu saya bawa ke Belanda umur nya tuh 9 dan 10 tahun. Sampai-sampai ya, pacar-pacar anak ku yng bule-bule itu jadi bisa Bahasa Indonesia walaupun cuman kata-kata sederhana toh mereka mau belajar karna didalam rumah harus mengikuti aturan saya…hahahaha udah kaya ditaktor aja ya….ternyata mereka tidak keberatan lhooo…malah kalau mau keluar rumah pamit, tuh anak bule bilang gini “Ibu saya mau pulang” saya jawab”hati-hati ya dijalan dan sampai jumpa lagi”dia jawab lagi “Ibu cerewet” hahaha….tuuh bisa kan anak bule itu ngomong Indonesia.


Saya pesan pada anak saya, kalau saya meninggal nanti, jangan pernah melupakan bahasa ibu ajar kan pada anak cucu kalian nanti. Jangan sampai dibilang kacang lupa kulit nya, karna kalian masih punya banyak saudara di Indonesia, jadi kalau liburan ke Indonesia bisa ngobrol dengan orang Indonesia dan anak cucu kamu jangan ntar kaya kambing congek, kalau kalian lagi ngobrol, karna gak ngerti Bahasa Indonesia.


Contoh diatas ,orang Belanda totok aja gak lupa Bahasa Indonesia ..Bahasa Daerah lagi…kok Kita-kita yng masih ada Darah Indonesia nya, bisa dan mau melupakan bahasa ibu kita. Nggaaaakk... ngertiii deh pikiran merekaitu....Hiks. Bagaimana dengan pembaca kokier yang tinggal di negara lain, apakah kalian juga mengajar kan Bahasa indonesia ke anak-anak/cucu kalian tidak ?.....Ditunggu Cerita nya! OOOOH….….BAHASAKU…..BAHASA TERCINTAKU…BAHASA INDONESIA!

3 comments:

Unknown said...

Kalo menurut aku pribadi ya, no offense terhadap siapapun, yang biasanya malu mengajarkan Bahasa Indonesia ke anaknya adalah mereka yang datang dari status yang lebih rendah dibanding pasangannya (apalagi kalo kasusnya wanita Indonesia yang menikah sama pria asing.. Kalo status sosial pasangan berimbang atau background dari tiap pasangan berimbang biasanya mereka mengajarkan 2 bahasa kepada anak-anaknya.. Saya juga ngga ngerti kenapa banyak sekali pasangan campur / yang udah pindah keluar negri menganggap rendah bahasa Indonesia, menurut saya bisa bahasa Indonesia adalah suatu asset yang sangat berharga. Karna dilihat dari jumlah speakernya (Indonesia memiliki populasi tertinggi ke 4 didunia belum lagi ditambah yg sudah berasa diluar negri dan orang-orang Malaysia dan Brunei) Kalau saja suatu hari nanti Indonesia maju dibidang Ekonomi, Bhs Indonesia akan sama pentingnya dengan Mandarin saat ini ataupun Bhs Inggris. Itu menerut saya.. dan tentunya alasan punya sanak saudara yang seperti ibu tuliskan juga sangat penting sekali, masa sih punya banyak sodara di Indonesia ngga bisa tau tentang mereka.. rugiii duong :D. Saya suka tulisan Ibu.. Terima Kasih

La Rose said...

Hallo LangitKoki..

Thanks udah mampir..maaf baru buka lagi ke arsip lama...salam

Unknown said...

Bener tuh tante, Bhs indonesia kudu kita pke trs biar pun kita hidup di negri org laen...
Salam kenal y tante,baru baca artikel tante, menarik banget kyknyya di belanda.