Sunday, September 7, 2008

Botol kosong automat

Setiap supermarket di Belanda ada mesin automat untuk mengembalikan botol kosong bekas minuman.Model automat untuk mengembalikan botol kosong,setiap supermarket lain-lain,tetapi caranya tetap sama hanya warna dan modelnya saja berbeda.
Kalau kita membeli minuman seperti Cocacola,Fanta dan Bir.Pasti kita kan beli isinya,juga bayar botol minumannya.Aku nggak tahu bagaimana caranya mengembalikan botol kosong bekas minuman di Indonesia saat ini,aku sudah lupa nih.Kalau nggak salah sekarang di Indonesia nggak usah mulangin botol kosong bekas minuman lagi ya atau masih seperti dulu,botol kosong bisa di jual kembali setelah isinya habis.



Di Belanda botol kosong ada yang bisa di kembalikan lagi dan mendapatkan uang kembali. Ada juga botol kosong yang nggak bisa di kembalikan lagi.Berarti kalau habis minumannya,botol kosongnya langsung di buang.
Kalau kita mengembalikan botol kosong bekas minuman cukup memasukan botol ke bagian lobang yang di bagian atas itu satu persatu nanti jalan sendiri kena scan.Setelah selesai memasukan botol kosong yang di kembalikan,kita lalu menekan tombol hijau yang ada di automat itu dan akan keluar kertas (bon) dengan jumlah uang yang akan kita dapatkan.Tergantung jumlah botol kosong yang tadi dimasukan kedalam automat itu.Kertas (bon)itu nantinya bisa di tukar di kassa supermarket.Dibagian bawah automat itu juga ada lobang yang persegi empat,itu khusus untuk botol Bir kosong.Kalau kita mau mengembalikan satu krat botol bir kosong,taro aja krat-nya dibawah nanti automatis jalan sendiri dan kena scan krat yang di kembalikan itu.Tetapi kalau kita hanya mengembalikan botol kosong bekas bir,hanya satu atau dua botol saja,tidak mengembalikan satu krat botol kosong,cukup di lobang atas saja,sama seperti botol minuman bekas Cocacola atau Fanta misalnya.


Bagaimana dengan anda yang di negara lain jika ingin mengembalikan botol kosong,selain di Indonesia,apakah sama cara mengembalikan botol kosong seperti di Belanda ?

4 comments:

Mbah MD said...

Halo mpok, yg mbah liat di kampung mbah disini (nggak tau klo di kota2 lain di UK) sih nggak ada yg recycle botol/kaleng/kertas/pakaian diganti dgn uang. Yang mbah salut adalah di pasar swalayan dekat rumah, di depannya tersedia box dimana kita bisa mendaur-ulang kantong plastik yang nggak mesti "merek" dari toko tsb. Jadi kita bisa bawa kantong plastik dari toko mana saja. Di IKEA, kalau blanja disana dan mau kantong plastik (tas kresek) malah hrs mbayar brp gitu lupa per plastiknya. Lambat laun keknya di UK tas kresek ini bakal dihapuskan.

enonk said...

Pengalaman pertama kaget di supermarket " A " bukan Asda ( Aldi:). Belanja ga dikasi kantong plastik , weleh turis nyasar kek aye , ye takjub banget. Alhasil, belanjaan dikembaliin , cuman nyang mampu dibawa ame dua tangan aje , nyang aye beli. Mokal diliatin orang2 kek aye makhluk alien dari ruang angkasa , nyang kaga peduli kelestarian planet bumi ...

La Rose said...

Mbah..foto dong itu kantong plastik dan tempat-nya ya..kalau sempat dan di bikin cerita.

Nonk;Di sini tas palstik harga nya 20 cent ada yang 35 cent (euro)

Mbah MD said...

mpok, "barang" yg mbah maksud itu cuma trolley/cage biasa yg ditutupi bahan semacam terpal, jadi nggak ajaib2 banged. Lagian adanya depan pintu masuk, dekat security dan cctv, males aja motonya.